Beranda Covid-19 Bengkulu targetkan Vaksinasi 50 persen di awal November

Bengkulu targetkan Vaksinasi 50 persen di awal November

339

Matabengkulu.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu menargetkan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Bengkulu pada awal pekan pertama November 2021 mencapai 50 persen dari total jumlah penduduk daerah ini.

“Pada pekan pertama November 2021 pelaksanaan vaksinasi harus dimaksimalkan sebaik mungkin karena saat ini sebanyak 370.000 lebih dosis vaksin tersedia di Bengkulu,” kata Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan sebanyak 320.000 dosis vaksin telah didistribusikan ke 9 kabupaten dan 1 kota. Sementara 50.000 dosis vaksin berada di gudang vaksin Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu sebagai cadangan.

“Hingga saat ini capaian vaksinasi COVID-19 di Provinsi Bengkulu masih berada di angka 34,39 persen atau 534.301 jiwa. Jadi jika 370.000 dosis vaksin dilaksanakan cepat, maka bisa menaikkan persentase hingga menjadi 56 persen pada pekan pertama November,” ujarnya.

Ia mengatakan, langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai target tersebut adalah mempersiapkan tim vaksinasi di Puskesmas masing-masing untuk melaksanakan vaksinasi secara rutin dengan banyak titik setiap hari dengan stok vaksin yang terjamin.

Rohidin juga mengimbau untuk mengaktifkan kembali Satgas COVID-19 ditingkat kecamatan dan desa.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bengkulu Irjen Pol Guntur Setyanto mengatakan bahwa dengan ketersediaan vaksin yang cukup banyak di lapangan, TNI-POLRI siap mendukung realisasi vaksinasi ini sehingga target minimal 1,5 juta penduduk Bengkulu atau 75 persen angka vaksinasi COVID-19 bisa tercapai.

“Hari ini target di Rejang Lebong 3.000 lebih vaksinasi dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda. Begitu juga di hari berikutnya hingga awal November, agar tercapai angka 50 persen vaksinasi. Babinkamtibmas dan Babinsa siap membantu,” katanya.* (id.)