Beranda Ekonomi & Bisnis BUMRT solusi Kas RT di Masa Pandemi

BUMRT solusi Kas RT di Masa Pandemi

639

Matabengkulu.com – Warga RT 7 RW 3 kelurahan Timur Indah Kecamatan Singaran Pati membentuk Badan Usaha Milik Rukun Tangga (BUMRT) dengan salah satu unit usaha nya Pembayaran Tagihan Online (PPOB). Ikhtiar itu untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan warganya. Pembentukan itu dilakukan pengurus RT 07 RW 3 Kelurahan Timur Indah.

“Ini salah satu ikhtiar dengan tujuan pemberdayaan, pengembangan kreasi dan jiwa entrepreneur warga serta untuk masukan Kas RT yang selama Pandemi Kas RT selalu kosong atau Nihil,” kata Ries Eriawan, SH Ketua RT 07

Bermodalkan Smartphone Pengurus BUMRT membayarkan dan melayani kebutuhan seluruh tagihan dan pembayaran online mulai dari tagihan listrik, Wifi, PBB, BPJS sampai dengan tiket pesawat dilayani di BUMRT ini.

keuntungan BUMRT ini di peroleh dari bea admin dan %cashback yang diberikan oleh penyedia aplikasi, dimana di era 4.0 ini para penyedia aplikasi memberikan cashback gila2an kepada para pengguna aplikasi nya, hal ini lah yang pengurus RT coba jadikan peluang usaha dan tentu nya selain meraup keuntungan, BUMRT ini merupakan bentuk pelayanan Perangkat RT kepada warga RT 07 agar warga merasakan kemudahan tanpa harus pergi keluar rumah warga cukup telp /wa maka pengurus BUMRT akan memproses dan kemudian menjemput tagihan tsb. warga juga tak perlu lagi lama antri ke gerai2 pembayaran guna menghindari kerumunan sebagai bagian usaha pengurus RT membantu pemerintah mengatasi penyebaran Covid-19.

“konsepnya adalah dari warga, oleh warga dan untuk warga. yaitu yang mengelola, menjalankan BUMRT ini adalah Warga dan hasil keuntungan nya akan digunakan untuk kegiatan2 warga RT” tambah Riyes. Sementara itu, Ketua RW 03 Kelurahan Timur Indah Kec. Singaran Pati KOta Bengkulu, Syamsul Bahri Z mengapresiasi semangat warganya di RT 07, yang mendirikan Badan Usaha Milik RT (BUM RT) dalam bentuk usaha Pembayaran Tagihan Online. Syamsul Bahri Z berharap, langkah yang dilakukan oleh warga di RT 07 juga diikuti warga lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi kemandirian warga kami di tengah pandemi Covid 19, membuat konsep BUMRT di RT 07 RW 03, yaitu dari warga oleh warga dan untuk warga,” imbuh nya. “Saya ucapkan selamat dan sukses. Harapan saya, dengan munculnya BUMRT ini, muncul BUMRT-BUMRT lagi di wilayah RW 03, sehingga bisa terus berinovatif dalam mengembangkan kreatifitas untuk kesejahterahan warga sekitar, seperti RT 07 RW 03 ini,” harap Syamsul Bahri Z.(id.)