Beranda Wisata Danau Biru, Wisata baru Hanya Berjarak 30 Menit dari Kota Bengkulu.

Danau Biru, Wisata baru Hanya Berjarak 30 Menit dari Kota Bengkulu.

51

Matabengkulu.com –  Wisata alam di Provinsi Bengkulu tak pernah habis, baru-baru ini ditemukan wisata danau dengan air yang berwarna biru tosca nan mempesona.

Hanya butuh waktu 30 menit dari Kota Bengkulu untuk tiba di lokasi wisata ini.

Danau yang memiliki nama Danau Ulak Lebar ini berada di Desa Talang Boseng Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.

Dari Kota Bengkulu, untuk menuju Danau Ulak Lebar bisa menggunakan transportasi roda empat atau roda dua.

Perjalanan pertama, wisatawan akan melintas di Jalan Lintas Bengkulu-Mukomuko, saat tiba di Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah wisatawan masuk ke jalan Talang Pauh.

Dari Jalan Talang Pauh, wisatawan harus melaju ke arah Desa Talang Boseng sejauh 9 Kilometer.

Setelah melewati area pemukiman Desa Talang Boseng, wisatawan akan menemukan satu gang kecil yang berada sebelum bangunan milik PDAM Bengkulu Tengah.

Untuk kendaraan roda empat, harus diparkirkan di depan gang, namun untuk kendaraan roda dua, bisa diparkirkan di dekat lokasi Danau Biru Ulak Lebar.

Jarak dari jalan utama Desa Talang Boseng menuju parkiran wisata, hanya berjarak 200 meter.

Dari area parkiran, menuju ke Danu Biru Ulak Lebar, wisatawan harus menaiki tangga, lalu kekiri sejauh 50 meter.

Karena baru ditemukan, Danau BiruUlak Lebar masih digratiskan aliar tidak dipungut biaya, baik tiket masuk maupun biaya parkir.

Saat tiba di Danau Biru Ulak Lebar, wisatawan diminta untuk mematuhi seluruh aturan, seperti tidak boleh meminum air danau dan mandi di danau.

Hal tersebut dilakukan, sebab saat ini pihak Dinas Kesehatan Bengkulu Tengah, baru akan menguji kandungan dari air Danau Biru Ulak Lebar tersebut.

Sebab, sebelumnya, Danau Ulak Lebar ini tidak berwarna biru seperti saat ini

Warga Bengkulu Tengah dihebohkan dengan penemuan sebuah danau unik yang memiliki air berwarna biru, Rabu (25/10/2023) lalu.

Penemuan danau biru yang belakangan diketahui bernama Danau Ulak Lebar tersebut pertama kali diketahui oleh pemanen sawit yang saat itu ingin bekerja.

Sesaat tiba di sekitaran danau, warga tersebut melihat air yang berwarna biru, karena takjub, ia pun mengabadikan dan membagikan keunikan danau tersebut ke media sosial.

Postingan itu pun sontak Viral di media sosial dan masyarakat pun mulai berdatangan karena penasaran.

Diketahui, Danau Biru tersebut berada di Desa Talang Boseng Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, tak jauh dari makam keramat Ulak Lebar.

Kades Talang Boseng kandar mengungkapkan, Danau Biru tersebut awalnya memiliki air yang sama dengan danau pada umumnya.

“Dulu, warna airnya ini jernih dan tidak warna biru, baru setelah ditemukan ini kami baru tahu kalau air sudah jadi warna biru,” ujar Iskandar, Sabtu (28/10/2023).

Sejumlah pengunjung pun tampak mengambil air Dabau Biru tersebut untuk dijadikan koleksi.

“Semenjak Viral itu, sudah tiga hari ini banyak warga yang datang, tapi kita selalu himbau untuk tidak meminum dan mandi di air danau ini, karena kita belum tahu, dari mana asal warna biru ini,” ungkapnya.

Saat ini, pihak desa belum memberlakukan retribusi wisata ataupun retribusi parkir di lokasi yang tiba-tiba ramai tersebut.

Saya sudah bilang ke masyarakat untuk tidak mengambil uang apapun, baik biaya masuk atau parkir, karena kita juga belum memastikan airnya ini aman atau tidak,” kata Iskandar.

Sementara itu, salah satu pengunjung Eni warga Kabupaten Bengkulu Utara mengaku, sengaja mendatangi lokasi tersebut lantaran penasaran dengan postingan di media sosial.

“Saya ke Kota Bengkulu tadi ngantar anak sekolah, pas mau pulang karena penasaran, saya langsung kesini, dan memang keren ternyata, unik juga,” ujar Eni.m