Beranda Daerah Dikerjakan pihak ketiga, Proyek fisik DD Pondok Batu Mangkrak

Dikerjakan pihak ketiga, Proyek fisik DD Pondok Batu Mangkrak

199

Matabengkulu.com – MUKOMUKO – Masyarakat Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko kecewa dengan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) Jalan Talang (Penimbunan dan Pengoralan) yang menggunakan Dana Desa. Pasalnya, JUT tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun padekmedia.com,JUT di Dusun III Desa Pondok Batu yang dibangun menggunakan DD Tahun 2021 sepanjang 490 meter masih kekurangan material sekitar 200 kubik. Sedangkan di dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) jalan dengan panjang 490 meter semestinya dikerjakan dengan 400 kubik material,malah kekurangan 200 kubik material setelah monitoring dan evaluasi (Monev) dari pihak Kecamatan beberapa waktu lalu.

Dengan kondisi jalan yang kekurangan material dan tidak sesuai dengan spesifikasi membuat masyarakat sekitar kecewa. “Kami bersyukur jalan ke kebun di bangun, tapi jangan asal jadi seperti ini” ujar salahsatu sumber yang enggan namanya di publikasi. Jumat (10/12/2021).

Dijelaskannya, anggaran pembangunan JUT menggunakan DD yang merupakan uang rakyat. Sehingga masyarakat ikut bertanggung jawab mengawasi dalam pengelolaan dana desa tersebut.
“Kami ikut mengawasi dalam pengelolaan DD, termasuk dalam penggunaannya,” kata dia.

Hal senada diungkap warga lainnya, jika pembangunan rabat beton di Dusun III, tidak memiliki ketebalan sesuai RAB dan di kerjakan oleh pihak ketiga asal-asalan.

“Sampai hari ini,jalan tidak lagi dikerjakan. Sedangkan waktu pelaksanaan sudah melewati batasan 3 bulan yang ditentukan dan tahun 2021 akan segera berakhir.”ujarnya

“Ada apa dengan proyek DD yang bersumber dari APBN tersebut ?.”tanya beliau

Terputusnya pembangunan JUT tersebut, membuat sebagian ruas jalan masih banyak yang rusak. “Kami bingung, kenapa tidak sekalian saja dibangun biar tidak terkesan asal jadi,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Pondok Batu, Koko Sasmito membenarkan jika pembangunan JUT tidak sesuai spesifikasi.

“Pembangunan JUT belum dikerjakan karena kendala cuaca beberapa pekan yang lalu tidak mendukung dalam pengerjaan. Memang JUT tersebut kita alihkan ke Pihak ketiga,” ujarnya, kepada awak media lewat sambungan telepon.

Sementara itu, Ketua BPD Pondok Batu Zeki Oktaria sampai berita ini diterbitkan belum bisa dimintai keterangan.(JR)