Beranda Daerah DPMD Kabupaten Mukomuko Pastikan Tahapan Pilkades Aman, Menjelang Tahapan Ditutup

DPMD Kabupaten Mukomuko Pastikan Tahapan Pilkades Aman, Menjelang Tahapan Ditutup

214

Matabengkulu.com – MUKOMUKO – Gelaran kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Mukomuko pada tahun 2021 ini akan digelar di 64 desa se-Kabupaten.

Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) saat ini sudah memasuki tahapan penutupan pendaftaran kandidat bakal calon Kepala Desa (Kades).

Namun demikian, dalam pelaksanaan Pilkades nanti, diharapkan para panitia, kandidat calon kepala desa maupun warga masyarakat sebagai hak memberikan suara, bisa melaksanakan demokrasi yang Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber), agar Kades yang terpilih, betul-betul pilihan hati nurani hak pilih dan secara mayoritas suara terbanyak. Kades terpilih hasil demokrasi yang murni pilihan masyarakat.

Kepala DPMD Kabupaten Mukomuko, Haryanto,SKM berharap dan mengamanatkan kepada masyarakat, agar dalam tahapan pelaksanaan masyarakat bisa menjaga stabilitas keamanan dan kondusifnya lingkungan.

“Jaga pesta rakyat ini jangan sampai ada pihak-pihak tertentu yang sengaja memanfaatkan. Ada persaingan dalam pemilihan ini harus kita nikmati, kita semua berharap ada pemimpin yang amanah,” ucapnya, saat dikonfirmasi awakmedia ini, Kamis (31/3/).

Untuk setiap desa, pihak DPMD Kabupaten Mukomuko belum memetakan jumlah personil yang ditempatkan. Selain memperhitungkan soal anggaran, juga melihat tingkat kerawanan. Karena jika desa yang mudah terjadi konflik butuh pengamanan yang cukup banyak.

“Yang rawan konflik kami akan tempatkan personil gabungan. Saat ini kami petakan desa mana yang rawan,” katanya.

Terakhir pihaknya berharap kepada PPKD, agar melaksanakan fungsinya sesuai dengan aturan yang berlaku. Yakni, panitia tidak berpihak kepada salah satu calon. Karena hal itu, akan rentan terjadi konflik dengan antar kubu calon.

“Ikuti aturan yang ada. Panitia Pilkades harus netral, tidak berpihak ke siapapun,” pungkasnya (GEM/Advertorial/Kominfo)