Beranda Daerah DPMD Kabupaten Mukomuko tuntaskan FGD Pilkades Serentak 2022 Gelombang I

DPMD Kabupaten Mukomuko tuntaskan FGD Pilkades Serentak 2022 Gelombang I

195

Matabengkulu.com – MUKOMUKO – Dari data yang dihimpun oleh Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Mukomuko dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko, diketahui jumlah bakal calon kepala desa (Balon Kades) yang telah mendaftarkan diri sebanyak 182 orang dari 64 desa yang akan melaksanakan Pilkades tahun 2022.

Kepala DPMD Kabupaten Mukomuko Haryanto SKM, mengatakan meski jumlah Balon Kades yang mendaftar nyaris tiga kali lipat dari jumlah desa yang melaksanakan Pilkades, masih terdapat satu desa yang belum memiliki Balon Kades alias belum seorang pun yang mendaftar. Desa tersebut yaitu Desa Gajah Mati, Kecamatan Sungai Rumbai.

Selain itu, ada delapan desa lain yang Balon Kades masih kurang dari dua pendaftar. Delapan desa yang dimaksud yaitu, Desa Banjar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai, Desa Talang Baru Kecamatan Malin Deman, Desa Talang Sakti dan Desa Talang Sepakat, Kecamatan V Koto. Kemudian Desa Sidodadi dan Desa Sendang Mulya, Kecamatan Penarik, Desa Teluk Bakung serta Desa Tanjung Medan, Kecamatan Ipuh.

Desa tersebut, baik yang masih nol pendaftar atau yang baru satu Balon Kades, waktu pendaftarannya akan diperpanjang sampai 7 April atau sekitar 9 hari lagi,” kata Kadis PMD Mukomuko, Haryanto,SKM saat dikonfirmasi awakmedia ini Kamis (31/03).

Sementara itu, Lanjut Hariyanto,ada juga desa yang jumlah Balon Kadesnya lebih dari 5 orang. Sehingga harus dilakukan seleksi tambahan untuk menentukan 5 Calon Kades nanti. Desa yang jumlah pendaftarnya lebih dari 5 yaitu Desa Retak Hilir Kecamatan Ipuh dan Bunga Tanjung, Kecamatan Teramang Jaya.

“Seleksi tambahan ini ada dua kali, tingkat desa dan tingkat kabupaten. Waktunya, yang tingkat desa tanggal 8 – 10 April, dan tingkat kabupaten dilaksanakan pada tanggal 11 -13 April 2022,” papar Hariyanto.

“Dan kita juga sudah menyelesaikan Focus Group Disscusion (FGD) Pilkades Serentak 2022, dan tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk berdiskusi tentang kesiapan menjelang pemilihan kepala desa serentak, selain itu untuk memberikan bekal bagi panitia pilkades agar tahapan nya berjalan dengan lancar dan sesuai aturan.” Demikian Haryanto. (GEM/Advertorial/Kominfo)