Beranda Daerah Gerakan Pangan Murah guna stabilisasi pasokan dan harga bahan pokok

Gerakan Pangan Murah guna stabilisasi pasokan dan harga bahan pokok

205

Matabengkulu.com – Dinas Ketahanan Pangan provinsi Bengkulu dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan dalam pencegahan inflasi pada Hari besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti ramadhan dan Idul Fitri 1445 H,akan menggelar beberapa bazar dalam program Gerakan Pangan Murah di beberapa tempat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan provinsi, Arwan. S.P saat ditemui tim radaksi Matabengkulu.com di ruangan kerja nya.kamis 28/03/2024.

Beliau menyampaikan,Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) ini bertujuan guna membantu menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok di tingkat produsen dan konsumen.kegitan GPM sendiri telah dilaksanakan diberbagai tempat,seperti Bazar di halaman RBTV, serta Bazar keliling kabupaten/kota yang bersamaan dengan Safari Ramadhan pak Gubernur.

Dan pada tanggal 1 hingga 4 April, Dinas ketahanan pangan akan mobile melakukan Bazar GPM di berbagai tempat.seperti di tanggal 1 ini Bazar GPM akan di gelar serentak di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan provinsi Bengkulu.dan di teruskan di halaman kantor Tim Penggerak PKK di jalan Pembangunan. hari berikut nya akan di laksanakan di Makorem 041 gamas dan di hari terakhir akan di gelar di pantai panjang.ungkap Plt.kadis Arwan.

Bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) beserta Bulog, Dinas Ketahanan Pangan provinsi Bengkulu selalu berkoordinasi guna memantau dan menyiapkan langkah-langkah dalam mengatasi ketersiapan bahan pokok untuk dapat mengendalikan inflasi harga di daerah.

Adapun bahan pokok yang disiapkan seperti beras SPHP / 5 kg dengan harga 56.000,Gula / 1 kg 17.000, Minyak goreng premium / 1 Liter 17.000, telur ayam / karpet 56.000, bawang merah / kg 35.000, dan bawang putih / kg 37.000.

Selain Bulog ada beberapa distributor pangan yang ikut dalam gerakan Pangan murah,seperti Indofoot dan distributor makanan lain.mereka ikut serta dalam GPM agar distributor tidak lagi menahan stok dalam menjelang HBKN Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H tahun ini.

Diharapkan melalui program Gerakan Pangan Murah ini,pemerintah dalam hal nya dinas ketahanan pangan dapat mendukung kebutuhan ketersedian bahan pokok harian masyarakat provinsi Bengkulu.dan membantu masyarakat agar dapat keterjangkauan harga bahan pokok itu sendiri. ( Id )