Beranda Edukasi Kabar Gembira! Kemendikbud Buka Kuota Guru Sertifikasi, Jumlahnya 75.000

Kabar Gembira! Kemendikbud Buka Kuota Guru Sertifikasi, Jumlahnya 75.000

168

Matabengkulu.ccm –Ini kabar penting sekaligus menggembirakan bagi guru. Mulai dari guru sertifikasi dan juga non sertifkasi pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

Kemdikbud membuka kuota guru sertifikasi. Kuota guru sertifikasi tersebut untuk rekrutmen calon guru penggerak angkatan 9 dan 10. Jumlahnya bisa mencapai 75.000 orang guru. Kuota Guru Penggerak 2023 terdiri dari 20.000 guru untuk angkatan 9 dan 55.000 guru untuk angkatan 10. Pendaftaran guru dibuka untuk 481 kabupaten/kota daerah sasaran.

Guru Penggerak adalah program pendidikan guru selama 6 bulan untuk mendukung guru menjadi pemimpin pembelajaran, menerapkan Merdeka Belajar, dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid.

Selain itu, program yang dibuka oleh Kemdikbud tersebut juga akan ditutup Selasa, 10 Januari 2023

Untuk guru yang ingin mendaftar calon guru penggerak tersebut dapat langsung mendaftar dan memenuhi segala persyaratan yang ditetapkan oleh Kemdikbud supaya dapat lolos seleksi.

Walaupun mendekati waktu penutupan untuk pendaftaran, guru dan kepala sekolah yang ingin mendaftar untuk menjadi guru penggerak, masih memiliki kesempatan yang terbuka luas.

Dalam kuota yang disediakan oleh kemdikbud tersebut, dapat diisi oleh guru honorer, ASN, dan juga kepala sekolah. Mengenai jumlah sasaran peserta dan juga syarat untuk mengikuti dan menjadi guru penggerak dijelaskan pada Nomor. 3157/B3/GT.00.08/2022 tentang Rekrutmen calong guru penggerak angkatan 9 dan 10.

Mengenai pendidikan guru penggerak sendiri merupakan salah satu upaya dari Kemdikbud yang dijelaskan pada sebuah program yang ditujukan untuk melahirkan guru supaya dapat menjadi pemimpin pembelajaran.

Jika calon guru penggerak tersebut lolos seleksi, maka akan diizinkan untuk ikut serta pada pelatihan atau pendidikan selama 6 bulan. Untuk bentuk pendidikan tersebut berupa konferensi, pelatihan daring, dan juga lokakarya.

Dalam mengikuti proses pendidikan, peserta atau guru yang mengikuti program guru penggerak yang masih memiliki tugas sebagai tenaga pendidik masih dapat terus melaksanakan tugas mengajar siswa di sekolah tanpa terganggu.

Guru dan juga kepala sekolah yang menjadi peserta dalam pendidikan guru penggerak juga akan diberikan fasilitas oleh Kemdikbud. Untuk beberapa fasilitas yang diberikan tersebut adalah sebagai berikut:

Bantuan dalam bentuk paket data yang digunakan untuk pelatihan online atau daring.Biaya atau uang saku untuk transportasi, konsumsi, dan juga akomodasi jika diperlukan untuk pembelajaran lokakarya yang sesuai kebutuhan dengan memperhatikan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Untuk ketentuan dan juga syarat umum menjadi calon guru penggerak adalah sebagai berikut:

1. Guru yang berstatus ASN atau Honorer yang berasal dari sekolah negeri atau swasta pada satuan pendidikan formal pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB dengan syarat memiliki SK mengajar.

2. Kepala sekolah yang belum memiliki NKRS atau Nomor Registrasi Kepala Sekolah dengan status definitif dari ASN ataupun non ASN yang berasal dari sekolah negeri ataupun swasta pada jenjang formal seperti TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

3. Mempunyai akun guru pada Dapodik atau Data Pokok Pendidikan

4. Lulusan pada program pendidikan S1 atau D4

5. Mempunyai pengalam belajar minimal 5 tahun.

6. Mempunyai masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun atau memiliki usia tidak lebih dari 50 tahun saat melakukan registrasi.

Setelah lulus sebagai guru penggerak, peserta yang telah menyelesaikan program pendidikan tersebut akan medapatkan sertifikat pendidikan 310 JP dan Sertifikat Guru Penggerak. Hal tersebut akan menjadi keuntungan tersendiri untuk guru.

Dilansir laman sekolah.penggerak.kemdikbid.go.id, jadwal pendaftaran calon Guru Penggerak dilakukan secara online.

Yang mana guru dapat mendaftar secara online melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ atau melalui akunbelajar.id

1. Klik menu pendaftaran

2. Pilih opsi Guru Penggerak Angkatan 8 s/d 10

3.  Isi data yang tertera di laman dan ikuti tahapannya.

Berikut ini jadwal pendaftaran rekrutmen Guru Penggerak angkatan 9 dan 10.

1. Registrasi/Pendaftaran: 12 Desember 2022 – 10 Januari 2023. Pada tanggal tersebut guru bisa melakukan unggah berkas dan pengisian esai.

2. Verifikasi, validasi, penilaian berkas, dan penilaian esai: 12 Januari – 4 Februari 2023.

3. Pengumuman Tahap 1: 14 – 15 Februari 2023.

4. Simulasi Mengajar dan Wawancara: 18 Februari – 30 Maret 2023

5. Pengumuman Tahap 2: 4 – 5 Mei 2023.

6. Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9: 1 Juni – 30 November 2023.

7. Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10: akan diinfo lebih lanjut.(id.)