Beranda Daerah Kadis PMD Kabupaten Mukomuko Ajak Semua Elemen Masyarakat Sukseskan Pilkades Serentak 2022

Kadis PMD Kabupaten Mukomuko Ajak Semua Elemen Masyarakat Sukseskan Pilkades Serentak 2022

176

Matabengkulu.com – Kadis PMD Kabupaten Mukomuko Ajak Semua Elemen Masyarakat Sukseskan Pilkades Serentak 2022

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko Haryanto mengajak seluruh elemen masyarakat di Kapuang Sati Ratau Batuah untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan tanggal 17 Mei mendatang.

 

Selain itu, dia juga meminta kepada seluruh panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022 yang terlibat, dapat melaksanakan tugasnya secara profesional sesuai dengan tugas masing-masing.

” Dalam pemilihan kepala desa serentak tahun 2022 ini, diharapkan tidak ada intervensi dari pihak manapun, dalam pelaksanaanya panitia harus mengedepankan profesionalitas, tanpa ada keberpihakan kepada calon tertentu, sehingga pelaksanaan pilkades akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas, ” ucapnya, Selasa (14/03/2022).

Dikatakan Haryanto profesionalitas panitia pilkades akan berdampak positif terhadap masyarakat, serta menghasilkan kepala desa terpilih yang benar-benar berkualitas dalam membangun desanya, serta memiliki kepedulian terhadap warganya.

Disamping itu Haryanto juga berpesan kepada panitia pilkades serentak tahun 2022, di 64 desa di 15 kecamatan dalam menjalankan tugasnya harus berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku, pada prinsipnya panitia pilkades harus mematuhi pedoman tentang tata cara pelaksanaan pilkades dan regulasi yang telah di tetapkan.

”Panitia Pilkades agar segera melakukan konsolidasi internal untuk melakukan persiapan kerja sesuai dengan tahapan pelaksanaan pilkades serentak, mulai dari pendataan, pemutakiran dan validasi daftar pemilih, pendaftaran calon sampai dengan pelaksanaan pemungutan suara, ” ucapnya

Dikatakan Haryanto hal yang terpenting jangan ada intervensi dari siapapun, laksanakan secara profesional dan bertanggung jawab, guna meminimalisir terjadinya pelanggaran, karena kita ingin menghasilkan para pemimpin tingkat pemerintah desa yang berkualitas.

” Terkait dengan pengawasan, monitoring dan pengamanan pilkdes serentak tahun 2022, pihaknya besinergi dengan pihak TNI – Polri, pemerintah kecamatan serta mengajak masyarakat desa setempat, agar berperan aktif mendukung dan ikut berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak 2022 tersebut. Sehingga pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 dapat berjalan lancar, aman, damai dan sukses, ” imbuhnya

Sementara itu,ketika ditanyai terkait sanksi apa yang bakal dijatuhkan jika ditemukan pelanggaran oleh Cakades, Haryanto mengatakan sanksi terburuk nya adalah diskualifikasi dari pencalonan.

“Silahkan masyarakat memantau dalam desa dan proses pengaduannya melalui tahapan ke panitia Pilkades terlebih dahulu,kemudian ke Panitia Kecamatan,dan di teruskan ke Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Mukomuko.” Demikian Haryanto (ADV/GEM)