Beranda Nasional Kementerian PPPA tangani kasus pelajar lukai tangan di Bengkulu.

Kementerian PPPA tangani kasus pelajar lukai tangan di Bengkulu.

101

Matabengkulu.com – Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Nahar mengatakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) telah mendampingi para pelajar SMP di Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, yang menyakiti diri dengan melukai tangan sendiri.

“Untuk itu, di beberapa tempat, kami minta Tim UPTD PPA ikut mendampingi dari proses asesmen hingga penanganan lanjutannya,” kata Nahar.
Nahar mengatakan anak-anak yang melakukan perbuatan tidak lazim tersebut mayoritas merupakan pelajar sekolah menengah pertama (SMP).

“Rata-rata SMP. Indikasinya dua hal, self harm dan terpengaruh atau terinspirasi media sosial,” kata Nahar.

Dia mengatakan penyebab internal dapat dipengaruhi oleh perkembangan diri anak, baik secara fisik, psikis maupun sosial, serta kondisi kesehatan mental sebagian anak.

Sedangkan penyebab eksternal dapat dipengaruhi faktor ekonomi, pola asuh, kesehatan, pendidikan, perkembangan teknologi informasi, dan pengaruh konten negatif, serta sebab lainnya.

Nahar pun meminta aksi nekat ini agar tidak ditiru oleh pelajar lainnya karena sangat berbahaya.

Sebelumnya, 52 pelajar salah satu SMP di Bengkulu secara massal melukai tangan mereka sendiri, yang diduga karena pengaruh media sosial.(id.)