Beranda Daerah Konflik Petani Malin Deman,Gubernur akan temui Kapolda

Konflik Petani Malin Deman,Gubernur akan temui Kapolda

266

Matabengkulu.com – Senin malam (16/5) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menggelar rapat koordinasi tindaklanjut penyelesaian konflik petani Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko dengan PT. Daria Dharma Pratama (DDP). Hadir dalam rapat Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi, Kesbangpol dan BPN Provinsi Bengkulu.

Seperti diketahui ada 40 petani yang ditangkap karena diduga memanen TBS Kelapa sawit milik PT DDP.

Disampaikan Gubernur dirinya sudah memantau konflik ini sejak hari kejadian penangkapan warga Malin Deman.

“Saya sejak dua hari yang lalu pas kejadian terjadi penangkapan masyarakat Malin Deman sudah koordinasi dengan Kapolres Mukomuko agar masyarakat itu diperlakukan secara adil dan proses hukum yang benar mengikuti kaidah hukum,” Sampai Gubernur.

Namun Gubernur juga mengingatkan, masyarakat tidak boleh melakukan tindakan kriminal dalam bentuk pencurian dan penjarahan.

Dalam rapat internal ini Gubernur ingin memastikan status HGU, kepastian penguasaan lahan di lapangan dan pengembangan komoditas yang dikelola di wilayah tersebut.

“Malam ini kita undang BPN, kemudian saya mintakan penjelasan dari sisi perizinan bagaimana status lahan yang dikelola pihak PT DPP itu.” Ujar Gubernur usai rapat.

Selanjutnya setelah rapat ini selasa (17/5) Gubernur akan berkoordinasi dengan Kapolda Bengkulu terkait tindakan yang paling bijak dan tetap sesuai dengan prosedur hukum untuk menyelesaikan konflik antara warga Malin Deman dan PT DDP. (id.)