Beranda Daerah Menyongsong Hari Bakti PU ke 77, PUPR Provinsi Bengkulu Lakukan Sejumlah Persiapan

Menyongsong Hari Bakti PU ke 77, PUPR Provinsi Bengkulu Lakukan Sejumlah Persiapan

150

Matabengkulu.com. –  Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUTR Provinsi Bengkulu Sutejo Suroso memimpin rapat persiapan memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke 77 pada Tanggal 3 Desember 2022.

Rapat tersebut digelar di Aula PUPR dihadiri oleh seluruh Kepala Balai maupun yang mewakili.

Sutejo mengungkap pihaknya tengah membahas tempat pelaksanaan upacara hingga rangkaian peringatannya.

Ia sendiri menceritakan tanggal 3 Desember dijadikan sebagai Hari Bakti PU untuk mengenang pertempuran yang terjadi pada tanggal 3 Desember 1945 di Gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate Bandung.

Hari itu sekitar pukul 11.00 WIB, pasukan tentara sekutu (NICA) dengan persenjataan lengkap dan modern mengepung Gedung Sate yang saat itu dijaga dan dipertahankan oleh 21 orang petugas dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum.

Walaupun demikian, petugas yang mempertahankan Gedung Sate tersebut tak mau menyerah begitu saja. Mereka melakukan perlawanan mati-matian dengan segala kekuatan yang dimiliki untuk mempertahankan kantor itu.

Pertempuran di Gedung Sate yang dahsyat dan tidak seimbang tersebut berakhir pada pukul 14.00 WIB. Dalam pertempuran itu, 7 orang pegawai PU gugur dan jenazah mereka tidak ditemukan sampai sekarang.

Tujuh pegawai PU yang gugur dalam peristiwa itu adalah Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono. Nama mereka kemudian dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna. (id.)