Beranda Nasional Na adik sanak…pemutihan pajak motor mulai berlaku

Na adik sanak…pemutihan pajak motor mulai berlaku

621

MataBengkulu.com – Pembebasan pajak bagi kendaraan bermotor di bawah kapasitas mesin 150 cc di Provinsi Bengkulu mulai diberlakukan sejak Senin (8/3) hingga Desember 2021 mendatang. Kebijakan ini dikeluarkan melalui surat keputusan (SK) Gubernur Bengkulu nomor C.163.BPKD Tahun 2021 tentang pembebasan pokok tunggakan dan denda pajak motor.

“Pembebasan pajak saya berlakukan mulai hari ini sampai Desember 2021,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Rohidin mengatakan seiring berjalannya kebijakan tersebut, pihaknya turut mempersiapkan dukungan infrastruktur pengelolaan pajak melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) baik, Samsat Cornel, Samsat Desa, Samsat Thrue dan Samsat Keliling yang ada di kabupaten kota di provinsi ini.

Pembebasan pajak tersebut, kata Rohidin adalah pembebasan tunggakan pajak dan denda di mana untuk pajak di tahun berjalan tetap harus dibayar.

“Saya meminta seluruh aparatur sipil negara di Bengkulu khususnya yang bekerja di bidang penarikan pajak dan pendapatan daerah gencar mensosialisasikan program ini kepada masyarakat sehingga kebijakan yang ada merata terlaksana,” kata Rohidin.

Pembebasan pajak di masa pandemi COVID-19 ini, kata Rohidin sebagai bentuk stimulus produktifitas masyarakat sehingga pendapatan daerah di sektor lain dapat terealisasi dan tertutupi.

Lebih lanjut, pihaknya turut meminta kepada Direktorat Lalu Lintas Polda Bengkulu dan Jasa Raharja untuk mempersiapkan inovasi pengelolaan administrasi pajak dan lainnya bagi kendaraan tanpa harus mengurus berdasarkan domisili nomor polisi yang ada.

Sehingga langkah tersebut memudahkan masyarakat menyelesaikan administrasi kendaraan sekaligus optimalisasi pendapatan pajak sektor ini.

Setidaknya ada 900 ribu kendaraan bermotor yang tersebar di Provinsi Bengkulu, dengan realisasi taat pajak hanya di angka 300 ribu kendaraan. (id.)