Beranda Ekonomi & Bisnis Pemerintah provinsi terus mendorong pemanfaatan investasi Geothermal di Bengkulu

Pemerintah provinsi terus mendorong pemanfaatan investasi Geothermal di Bengkulu

189

Matabengkulu.com _ Provinsi Bengkulu memiliki potensi panas bumi yang tersebar di 5 area pada 3 kabupaten yakni Lebong, Kepahiang, dan Rejang Lebong. Saat ini, baru di area Hulu Lais Lebong yang dilakukan proyek eksplorasi panas bumi dengan kapasitas 2 x 55 megawatt.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mesyah menyatakan, pemerintah terus mendorong pemanfaatan energi panas bumi di Bengkulu. Pasalnya, dengan pemanfaatan energi panas bumi menjadi pembangkit listrik, Bengkulu bisa berkontribusi sebagai lumbung energi.

“Sebagaimana amanat Undang-undang, bahwa bumi air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, maka potensi panas bumi yang kita miliki ini akan menjadi sumber pendapatan yang signifikan ketika bisa dimanfaatkan. Sebagai pemerintah kita terus mendorong ini,” terang Rohidin melalui telepon kepada redaksi Mata bengkulu (02/11/2022).

pemanfaatan geothermal sebagai sumber Energi Baru dan Terbarukan bisa menjadi subtitusi dan bahkan menggeser pembangkit dengan bahan bakar fosil. Sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan pun perlu dilakukan secara jelas, agar saat explorasi dilakukan, masyarakat memahami hal yang boleh dilakukan ataupun yang tak boleh dilakukan.

Pengembangan panas bumi dilakukan pemerintah dalam berbagai project agar target kapasitas terpasang panas bumi 7.200 MW dan bauran EBT (Energi Baru Terbarukan) sebesaar 23 persen tercapai pada tahun 2025.

Potensi panas bumi di Provinsi Bengkulu mencapai 1.362 Mega Watt Eletrical yang tersebar di 5 lokasi. Potensi Panas Bumi Kepahiang sendiri akan dikembangkan dengan kapasitas 110 MW dan diharapkan dapat mendukung sistem kelistrikan di Provinsi Bengkulu.

Potensi panas bumi di Provinsi Bengkulu terletak di Kabupaten Lebong yakni di Tambang Sawah sebesar 173 MWe (megawatt electrical), Gedang Hulu Lais 650 MWe, dan Bukit Daun 250 MWe.Selain itu, terdapat juga di Kabupaten Kepahiang yaitu di Kecamatan Kabawetan sebesar 325 MWe.Dari potensi yang sudah dieksplorasi ini, baru blok Gedang Hulu Lais yang dieksplorasi oleh Pertamina.

Potensi panas bumi ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik daerah.(adv.id)