Beranda Daerah Penanaman pohon dan Biopari dalam rangka Hari Bakti PU ke 78

Penanaman pohon dan Biopari dalam rangka Hari Bakti PU ke 78

74

Matabengkulu.com – Dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-78 Tahun 2023, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VII Bengkulu melakukan kegiatan Penanaman Pohon dan Pembuatan Biopori, pada kamis (30/11/23) di Kawasan Pantai Berkas di dekat lapangan Gatball dinas PUTR provinsi Bengkulu.

Lokasi penanaman pohon ini merupakan kawasan lokasi olahraga Gatball bagi karyawan lingkungan Dinas PU dan UNOR lingkungan Pekerjaan Umum. Kegiatan Penanaman Pohon ini menjadi gerakan penghijauan yang dilakukan di area sekitar lapangan Gatball yang baru di renovasi kawasan Greenbelt sebagai upaya untuk terus menggaungkan semangat penghijauan dan konservasi (penyelamatan) air.

Kepala BWS VII Bengkulu, A.Adi Umar Dani ST.MT. imenjelaskan pada Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-78 Tahun 2023, BWS VII Bengkulu menanam sejumlah 141 bibit pohon dan pemasangan biopori di lingkungan pantai Berkas dan kawasan lapangan Gatball.. Pohon yang ditanam terdiri dari 100 bibit pohon tabebuya, 41 bibit pohon buah produktif, dan 10 lubang biopori. Target penanaman pohon Pantai Berkas dan kawasan lapangan gatball mencapai kurang lebih 500 bibit pohon.

Kepala BWS VII ini berharap segenap pihak dan masyarakat dapat turut menjaga dan memelihara pohon yang ditanam, sehingga bibit pohon dapat tumbuh dan memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar. Pohon yang ditanam nantinya memiliki daya serap dan menjadi tempat penyimpanan cadangan air untuk menjaga pasokan, kualitas dan kuantitas air tanah sehingga cadangan air tetap terjaga.

Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 3 Desember, untuk mengenang perjuangan 7 (tujuh) pegawai PU yang gugur pada tanggal 3 Desember 1945 di Gedung Departemen Pekerjaan Umum (Departement Van Verkeer En Waterstaat) yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate Bandung. Ketujuhnya kemudian dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna.(id.)