Beranda Nasional Polda Bengkulu siagakan personel selama 24 jam menghadapi kondisi cuaca ektream

Polda Bengkulu siagakan personel selama 24 jam menghadapi kondisi cuaca ektream

252

Matabengkulu.com Provinsi Bengkulu saat ini tengah dilanda cuaca ekstrem yakni hujan deras dan angin kencang. Dengan kondisi tersebut, tentunya berpotensi terjadi musibah baik banjir, tanah longsor atau pohon tumbang. Atas kondisi itu, Unit Save and Rescue (SAR) Subdit Gasum Samapta Polda Bengkulu selalu menyiagakan personel serta peralatan selama 24 jam.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol. Sudarno, S.Sos, MH melalui Kasubdit Penmas Polda Bengkulu AKBP. Agung Darmanto mengungkapkan, fenomena La Nina akan terus berlangsung hingga awal Januari 2021. Dikatakan, personel yang tergabung Ops Aman Nusa pencegahan bencana sesuai dengan amanat Kapolda Bengkulu diperintahkan untuk terus memonitoring apabila terjadi bencana. “Khususnya akibat hujan deras beberapa bulan terakhir. Tak kalah penting, baik kendaraan dan peralatan harus terus prima dan terus dicek setiap harinya,” jelas Agung, Senin (28/12).

Untuk memastikan kesiapan tersebut, personel mengecek peralatan-peralatan yang dibutuhkan sehingga ketika musibah terjadi. Maka tak terjadi kendala pada peralatan yang digunakan. “Peralatan dan personel akan terus disiagakan 1x 24 jam. Jangan sampai peralatan mengalami kendala apabila dibutuhkan,” ujarnya.

Agung juga mengimbau kepada masyarakat disaat cuaca ekstrem sekarang diharapkan dapat mengurangi aktivitas di luar rumah. Khususnya, pada saat hujan deras dan angin kencang yang rawan terjadi pohon tumbang. (id.)