Beranda Daerah Ratusan warga datangi Polres Seluma,paska pembubaran paksa

Ratusan warga datangi Polres Seluma,paska pembubaran paksa

287

Matabengkulu.com – Ratusan warga pesisir barat Seluma, Senin petang (27/12) menggeruduk Mapolres Seluma.

Massa berkumpul berniat untuk menjemput 10 warga yang kini diamankan di Mapolres Seluma, pasca pembubaran aksi protes di lokasi tambang pasir besi Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan.

Masyarakat yang berasal dari beberapa desa diwilayah pesisir barat Seluma ini meliputi, Desa Pasar Seluma, Rawa Indah, Penago Baru, Penago 1, Marga Sari dan Desa Pasar Talo Kecamatan Ilir Talo.

Salah seorang warga Desa Rawa Indah, Mariyem (45) mengaku kedatangannya sebagai bentuk solidaritas atas penahanan para warga Desa Pasar Seluma yang menolak keberadaan tambang pasir besi.

“Sebagai bentuk solidaritas, kami datang ke Mapolres Seluma untuk menjemput rekan seperjuangan kami, yang kini diamankan di Polres Seluma pasca aksi protes penolakan tambang pasir besi”, ungkap Mariyem.

Sementara itu, beberapa jam kemudian Kades Pasar Seluma Hertoni bersama seorang kuasa hukumnya Fitriansyah berkesempatan keluar dari ruang penyidik untuk menemui massa.

Dihadapan massa, sang Kades melalui kuasa hukumnya meminta untuk segera membubarkan diri, karena permasalahan ini telah ditangani 4 orang kuasa hukum yang mendampingi para warga yang diamankan, dan memastikan seluruh warga dan anggota WALHI yang diamankan dalam keadaan sehat.

“Tolong percayakan kepada kami sebagai kuasa hukum untuk mendampingi rekan-rekan yang sedang dimintai keterangan, dan silahkan masyarakat untuk dapat membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing”, ujar Fitriansyah.(id.)