Beranda Kesehatan Rumah Sakit Penyangga difungsikan untuk juga menangani Pasien Positif Covid-19

Rumah Sakit Penyangga difungsikan untuk juga menangani Pasien Positif Covid-19

220

Matabengkulu.com.  Menyikapi sudah penuhnya ruang perawatan bagi pasien positif Covid-19 di RSUD M Yunus (RSMY) Bengkulu, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu sudah melakukan koordinasi membahas persoalan tersebut.

Disampaikan Kabid Pelayanan Kesehatan  Dinkes Provinsi Bengkulu, dr. Edriwan Mansyur bahwa pihaknya akan mengoptimalkan agar rumah sakit penyangga difungsikan untuk juga menangani pasien positif Covid-19. Yakni Rumah Sakit (RS) Bhayangkara, RS DKT, dan RSHD Kota Bengkulu yang sebelumnya memang sudah mulai difungsikan. “Kita sudah berdiskusi supaya lebih memfungsikan rumah sakit penyangga yang sudah di-SK-kan oleh Gubernur,” jelas Edriwan, Jumat (27/11).

Dengan demikian, lanjut Edriwan, ketika ada pasien positif yang terpapar maka masyarakat tidak hanya ke RSMY saja, tetapi juga ke rumah sakit penyangga itu juga. “Karena pelayanannya juga sudah cukup bagus, dokter-dokter spesialis juga sudah ada karena memang sudah sesuai dengan kriteria sebagai rumah sakit penyangga kasus Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, untuk pasien yang dirawat di rumah sakit adalah yang kasus positif yang memiliki gejala baik ringan, sedang maupun gejala berat. Kemudian, untuk tempat karantina bagi kasus positif yang sudah di-SK-kan yakni Bapelkes, Badan Diklat, LPMP dan Asrama Haji. Bila itu masih kurang nantinya akan menyiapkan Mess Pemda. (***)