Beranda Peristiwa Satu Hektar perkebunan sawit kembali terbakar

Satu Hektar perkebunan sawit kembali terbakar

52

Matabengkulu.com – Kebakaran lahan kembali terjadi. Kali ini di lahan perkebunan sawit di jalan Air Nakau-Sebakul, Kecamatan Selebar, pada Minggu sore (29/10).

Informasi yang didapat dari Kepala Dinas PBK Kota Bengkulu, Yuliansyah, dugaan sementara lahan yang terbakar tersebut ada unsur kesengajaan. Sebab sudah sering terjadi kebakaran di lokasi yang sama.

“Sudah tiga kali terjadi kebakaran di lokasi yang sama, dapat dipastikan kebakaran tersebut disebabkan oleh orang yang sengaja membakar lahan perkebunan tersebut,” ungkap Yuliansyah

Ditambahkan Yuliansyah, untuk memadamkan api pihaknya hanya melokalisir titik api dan lahan yang terbakar lebih dari satu hektare.

“Kami hanya melokalisir lokasi yang terbakar agar tidak meluas kebakaran yang terjadi,” tambah Kadis PBK.

Untuk memastikan api tidak menjalar ke lokasi lain, lebih dari 3 jam personel Dinas PBK Kota Bengkulu bekerja. Selain itu, Yuliansyah mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas membakar lahan terutama di lahan-lahan yang rentan terjadi kebakaran.

Ditambah lagi sudah ada imbauan dari pemerintah Kota Bengkulu dan Polresta Bengkulu untuk tidak membakar lahan pada musim kemarau saat ini. Sebab akan ada sanksi yang diberikan bagi masyarakat yang sengaja membakar lahan tersebut,” tutup Yuliansyah.(id.)